tugas dss

Thursday, May 19, 2011
http://www.ziddu.com/download/15050826/SISTEMPENDUKUNGKEPUTUSANBERBASISSMS.docx.html
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BERBASIS SMS UNTUK MENENTUKAN
STATUS GIZI DENGAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR


Identifikasi masalah

Salah satu teknologi yang berkembang saat ini adalah komunikasi. Telepon seluler (ponsel) merupakan salah satu hasil dari berkembangnya teknologi komunikasi tersebut. Layanan yang disediakan ponsel dan sedang menjadi trend di masyarakat saat ini adalah SMS (Short Message Service) atau layanan pesan singkat. Gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung sibuk dengan padatnya jadwal maupun tingkat mobilitas yang tinggi, dapat mempengaruhi kesehatan.
Tingkat kesehatan seseorang dapat dilihat melalui status gizinya. Status gizi seseorang dapat ditentukan melalui variabel-variabel yang berpengaruh dengan perhitungan menggunakan salah satu metode klasifikasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan dan dapat dikerjakan oleh komputer, yaitu K-Nearest Neighbor (KNN). KNN merupakan metode klasifikasi dengan mencari jarak terdekat antara data yang akan dievaluasi dengan K tetangga (neighbor) terdekatnya dalam data pelatihan. Dengan memanfaatkan keberadaan teknologi SMS, maka user dapat mencari tahu status gizinya dengan alternatif yang cepat, mudah, dan murah. Dari pengujian yang dilakukan, diperoleh nilai keakuratan dari sistem sebesar 90,41%.
           

Tujuan

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode K-Nearest Neighbor (KNN) dengan memanfaatkan teknologi komunikasi yang mudah, cepat dalam menyampaikan informasi, dan tergolong murah.


Manfaat

untuk menilai status gizi, salah satunya adalah pengukuran tubuh manusia yang dikenal dengan istilah “Antropometri”. Antropometri telah lama dikenal sebagai indikator penilaian status gizi perorangan maupun kelompok. Pengukuran antropometri dapat dilakukan oleh siapa saja dengan hanya memerlukan latihan yang cepat dan sederhana. Beberapa macam antropometri yang telah digunakan antara lain:
1. Berat Badan (BB)
2. Tinggi Badan (TB)/Panjang Badan (PB)
3. Lingkar Lengan Atas (LLA)
4. Lingkar Kepala (LK)
5. Lingkar Dada (LD)
6. Lapisan Lemak Bawah Kulit (LLBK)

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2010 si teknologi • Design by Dzignine
Tower Defense GamesGame Video Recorder