ketentuan tugas analisi kinerja sistem

Wednesday, April 20, 2011
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA Semester Genap – 2010-2011
Analisis Kinerja system. Tugas 01
LAKUKAN PENGAMATAN PADA MESIN ATM
Karena banyaknya pertanyaan tentang ketentuan tugas, maka materi ini di-upload ulang dengan beberapa penjelasan tambahan. Semoga memahamkan.
Berdasarkan materi kuliah minggu ke 02 dan 03,
Untuk mengetahui (antara lain) : Lama waktu transaksi, yang sangat mungkin terjadi lama waktu transaksi pengambilan uang pada ATM Bank AA, tetapi dilakukan pada 2 mesin ATM yang berbeda akan mendapatkan hasil waktu yang berbeda. Urutan langkah pengambilan, yang berkaitan dengan coding/algoritma. Response time, dll.
Usahakan ada yang melakukan kegiatan di atas pada ATM Bersama. Dengan melakukan transaksi menggunakan ATM bank ybs., kemudian lakukan transaksi menggunakan kartu ATM bersama, sehingga bisa dihitung beda waktu yang diperlukan.
Yang perlu anda lakukan :
Rekam “Video” dan “foto” menggunakan HP atau kamera kecil, A.    Aktifitas anda di ATM untuk transaksi : pengambilan uang, (harus dilakukan sampai dengan uang keluar) cek saldo, membayar kartu kredit dan bisa ditambahkan transaksi yang lain (bayar telepon – setelah muncul info harus membayar berapa, transaksi di cancel, karena anda belum akan membayar pd saat itu) catatan : cara mengakhiri transaksi dengan Cancel, bisa juga dilakukan pada transaksi yang lain, kecuali pengambilan uang harus dilakukan, karena waktu riil uang keluar dari mesin, dibutuhkan datanya. Cobalah anda melakukan transaksi, tetapi setelah memasukkan PIN kemudian memilih menu, berhentilah beberapa saat, apakah muncul text : “ apakah memerlukan tambahan waktu ?” – Awas tetapi harus waspada jangan sampai ATM anda tertelan supaya tidak repot mengurusnya. KEGIATAN NO A1 WAJIB, DITAMBAH 1 ATAU 2 TRANSAKSI LAIN. SETIAP KELOMPOK CUKUP SATU ATM – LAKUKANLAH PEMOTRETAN DAN PEREKAMAN VIDEO – USAHAKAN TIDAK PADA WAKTU YANG BERSAMAAN.
B.     Lakukan pengamatan berkaitan dengan queue dll. : Setelah selesai transaksi di atas (harus setelah selesai- supaya kalau dicurigai petugas, tujuan paling utama merekam video dan foto sudah selesai). Lakukan pengamatan selama lebih kurang 30 menit, terhadap antrian, jumlah orang datang, selang kedatangan, lama waktu orang ybs. Berada di dalam ATM, apakah terjadi bottleneck, dll. (arrival time-departure, dll).
PENGAMATAN DARI LUAR ATM BISA SEDIKIT AGAK MENJAUH, SUPAYA TIDAK MENARIK PERHATIAN DAN / ATAU TIDAK DICURIGAI.
Bagilah kelompok anda : 2 orang untuk Video, 2 orang untuk Foto. Bisa pada mesin ATM yang sama, tetapi jangan masuk 4 orang bersama, dan jangan pada waktu yang bersamaan, agar tidak mengganggu nasabah yang lain maupun tidak menarik perhatian petugas. Pengamatan 30 menit hanya dilakukan sekali, salah satu kelompok video / Foto.
Bacalah materi kuliah minggu kedua (terminology), dan minggu ketiga ATM, sebagai bekal awal.
Sebelum anda melakukan perekaman video-foto di layar, sebaiknya anda berlatih/ mencoba terlebih dahulu di layar monitor / layar TV, supaya hasil sesungguhnya bisa sesuai harapan, (gambar bisa dilihat, waktu bisa dicatat).
Bentuk Laporan : Lokasi : Nama bank penyedia ATM / ATM BERSAMA : Hari dan Tanggal Pengamatan :Jam Pengamatan : mulai – selesai perekaman video dan pemotretan mulai – selesai pegamatan
pemotretan oleh          : 1. – 2. – video oleh                   : 1. – 2. – pengamatan oleh         : 1. – 2. –
Tulis laporan singkat tentang yang saudara amati. (baca materi mg 02 dan 03, namun tidak perlu dianalisa statistic, hanya data kolekting/pengamatan), berikanlah narasi kwalitatif terhadap pengamatan saudara. Latency, Pathlength, Throughput, Utilization        Fraction of time a resource (CPU, disk, network) is busy.Benchmark, Workloads, Simple-average, dll.
Beri foto yang sesuai. Sertakan sebagai lampiran Foto-foto hasil pemotretan, bila perlu ditambah capture dari video.
Cover : KELAS                       : NO. KELOMPOK     : NAMA Mahasiswa     : NIM                            : Judul tugas dan nama mata kuliah : Bulan dan Tahun
Tugas dikumpulkan dalam bentuk hard copy / print out dan soft copy.
Format PrintOut Kertas A4 (210 x 297) Spasi : 1,5 Font : Times new roman, arial, palatino atau yang sejenis – 11 pt s.d 12 pt                         Variasi sub judul s.d. 14 pt – Bold, dll.
Laporan di klip menggunakan Binder Clip (menjepit secara ‘mekanik’) ukuran sekitar 10 mm. Tidak boleh di staples – karena beberapa kali mengakibatkan luka, karena ujung staples tidak menutup sempurna. Tidak boleh memakai paper clip biasa, karena mudah lepas akibat bergesekan dengan kertas yang lain.
Tugas printout Dikumpulkan : Minggu depan, [ MULAI RENTANG TGL 18 S.D. 23 APRIL SELAMA LEBIH KURANG 2 MINGGU, PRESENTASI DISELA TAMBAHAN MATERI KULIAH ]
Semua kelompok siap presentasi – kelompok presentasi di acak Bawa flash disk materi.
PRESENTASI SEPERTI BIASA, BISA PAKAI POWERPOINT ATAU YANG LAIN.

Tugas softcopy, dikumpulkan secara bersama pada akhir semester / kuliah beserta semua tugas yang ada, ke dalam 1 flash disk untuk satu kelas. Karena kendala pemakaian CD-RW dan sejenisnya, selain virus, rusaknya CD-drive, serta tidak bisa dibuka karena berbagai hal termasuk virus. Harap Ketua Kelas membantu koordinasi pengumpulan tugas.
Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2010 si teknologi • Design by Dzignine
Tower Defense GamesGame Video Recorder